Korelasi Agama dan Masyarakat dalam Menyikapi Budaya Lokal di Desa Sungai Duren

Keywords: Korelasi agama, budaya, masyarakat

Abstract

Umat Islam di Indonesia tidaklah utuh, terdapat tradisi, pemahaman dan amalan religiusnya banyak ragamnya, yang merupakan manifestasi dari keimanan Islam yang dianutnya. Pemahaman agama akan mendorong bangkitnya organisasi keagamaan, serta menjadi kelompok agama tertentu yang membedakan dirinya dari kelompok pemahaman lainnya. Organisasi kemsyarakatan atau Ormas dapat muncul dengan pemahaman tentang agama, kegiatan keagamaan, kegiatan ekonomi dan sosial, atau ambisi tertentu politik. Latar belakang umat muslim di Indonesia dapat direpresentasikan oleh umat muslim dibeberapa tempat yang memiliki ciri hubungan sosial antar Non-Muslim, seperti ras, ideologi agama, dan budaya. Tradisi adat dan budaya lokal tidak bisa dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat. Salah satu nya di Desa Sungai Duren masih terdapat berbagai acara adat yang masih dilaksanakan sampai sekarang. Acara Viaraa, Melemang dan Sedekah Dusun merupakan beberapa contoh tradisi yang masih dilestarikan. Masyarakat Desa Sungai Duren masih menjalankan tradisi tersebut dan pantangan- pantangan nya. Pada penelitian ini digunakan metode wawancara dan studi dokumen. Peneliti mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan tradisi lokal kepada masyarakat dan para pemuka agama di Desa Sungai Duren. Selain itu, digunakan juga studi lapangan dengan cara mengamati proses pelaksanaan tradisi tersebut. Hasil penelitian didapatkan bahwa tradisi atau budaya lokal yang dilaksanakan tersebut masih menggunakan Al-Qur’an sebagai pedoman pelaksanaan acara tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kolerasi antara agama dan budaya lokal di Desa Sungai Duren. Agama dan tradisi memiliki keterkaitan satu sama lain. Tradisi tersebut bertujuan untuk membawa kebaikan bagi desa dengan izin Allah. Menurut masyarakat setempat, tradisi tersebut hanyalah serangkaian acara yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah

Abstract View: 35 PDF Download: 25 Similarity Check Download: 7
Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdullah, Amin. (2019). Pendekatan Kajian Islam dalam Studi Agama. Jakarta: Muhammadiyah University Press.

Gellner, Ernest. (1992). Post-modernism, Reason and Religion. London: Routledge.

Hasan, Ahmad Rifa’i (Ed.) (2020). Warisan Intelektual Islam di Indonesia. Bandung: Mizan

Huda, M.Thorikul., & Irma Khasanah. (2019). Peran Budaya Dalam Membangun Hubungan Antara Umat Beragama Di Suku Tengger. Mojokerto: Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

Kastolani & Abdullah Yusof. (2016). Relasi Islam Dan Budaya Lokal (Studi Tentang Tradisi Nyandran Di Desa Sumogawe Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang). Malaysia: Akademi Islam Universiti Malaya. Jurnal Kontemplasi, Volume 04 Nomor 01.

Koentjaraningrat. (1980). Pokok-Pokok Antropologi Sosial. Jakarta: Penerbitan Universitas.

Marzuki, Angga. (2020). Nilai Agama dan Budaya dalam Tradisi Besaman. Tanggerang: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Ilmu Ushuluddin, Vol. 6 No. 1, Juni 2020.

Muhaimin, AG, (2019). Islam dalam Bingkai Budaya Lokal: Potret dari Cirebon. Jakarta: Logos.

Mulyono, Sumardi (1982). Penelitian Agama, Masalah dan Pemikiran. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Nasikun. (1992). Sistem Sosial Indonesia. Jakarta: Rajawalipress.

Nurrohman & Abdul, Hanan, Ef. (2017). Islam Dan Kearifan Lokal (Persfektif Teologis Hubungan Antar Agama Dan Budya Dikampung Naga). Bandung: Uin Sunan Gunung Jati.

Ripa’i, Ahmad. (2012). Studi Tentang Sistem Kepercayaan dan Praktik Adat pada Komunitas Masyarakat di Desa Nunuk Baru Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Jurnal Holistik, Vol 13 Nomor 02.

Rustan, Edhy. (2010). Budaya Leluhur Dalam Memperkuat Tatanan Masyarakat Di Era Globalisasi. Surabaya: Universitas PGRI Adibuana.

Sutjanika, Tenny. (2018). Filosofi Hidup Komunitas Masyarakat Adat Sunda Kampung Naga Ditinjau Dari Pranata Keagamaan. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati.

Wahyu Harinayuetik, Ambar. (2021). Tradisi Larungan di Telaga Ngebel Perspektif Islam. Jurnal Inovatif Volume 7, No 1

Weber, Max. (2018). Teori Dasar Analisis Kebudayaan. Jogjakarta: IRCiSoD.

Widyastini. 2004. Nilai-nilai Islam dalam Kebudayaan. Yogyakarta: Jurnal Filsafat, 2004, Vol. II.

Published
2022-12-31
How to Cite
Rohmadi, R., & Akmal, M. F. (2022). Korelasi Agama dan Masyarakat dalam Menyikapi Budaya Lokal di Desa Sungai Duren. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 113-119. https://doi.org/10.53621/jippmas.v2i2.154
Section
Penelitian
Abstract viewed = 35 times
PDF downloaded = 25 times Similarity Check downloaded = 7 times